PT ADM Gelar Daihatsu Week di Rest Area Salatiga

0
54


www.depoktren.com–Program layanan menarik yang berlangsung di Rest Area Salatiga, Jawa Tengah pada 17–20 November 2022 ini, PT ADM melalui tim R&D (Research and Development) menampilkan R&D Corner sebagai sarana informasi yang edukatif bagi pengunjung dengan menceritakan proses pengembangan mobil Daihatsu dari tahap awal hingga produksi, yang terbagi menjadi 4 tahap besar mulai dari Planning, Styling, Engineering, dan Testing.

“Melalui kehadiran R&D Corner di DAIHATSU WEEK at Resta Pendopo KM 456 ini, kami berharap para pengunjung memahami proses pengembangan kendaraan Daihatsu, serta memberikan kebanggaan bagi pelanggan terhadap mobil Daihatsu yang dimilikinya sesuai dengan visi R&D ADM, Dari Indonesia Untuk Indonesia.” ujar Mark Widjaja, Industrial Design Division Head PT ADM dalam siaran pers yang diterima, Sabtu (19/11/2022).

Pada tahapan Planning, Daihatsu mengawalinya dengan melakukan survey pasar, kondisi lingkungan, dan menentukan spesifikasi (jenis dan dimensi kendaraan) yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Kemudian dilanjutkan pada proses Styling, berupa perwujudan dari hasil analisa pasar melalui pembuatan sketsa gambar, disusul proses clay modeling, dan membuat data visual 3 dimensi untuk menjembatani ke proses selanjutnya.

Berikutnya, pada tahapan Engineering, desain mobil yang telah dibuat sebelumnya diwujudkan dengan memenuhi standar yang harus mengakomodir kualitas dan durabilitas yang terbaik pada setiap bagian, serta mewujudkannya dengan pembuatan prototype untuk diuji coba.

Pada Testing, ini adalah fase di mana produk harus lulus dan tervalidasi performa, kekuatan, keamanan, dan ketahanannya sesuai dengan kondisi di Indonesia.

Sebagai informasi, Daihatsu memiliki fasilitas R&D Center terlengkap dan terbesar di Indonesia, meliputi Design Center, Engineering Center, serta Test Course lengkap yang memiliki 24 macam tipe jalan yang mewakili kondisi jalan di Indonesia seluas 25 Hektare (Ha), yang berlokasi di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang, Jawa Barat.

Fasilitas R&D Center ini juga merupakan komitmen Daihatsu dalam meningkatkan industri otomotif Tanah Air sekaligus menyiapkan ADM sebagai production base dan product base Daihatsu di Indonesia, serta menjadi aset nasional yang membanggakan.

Pada kesempatan yang sama, acara ini juga mendapat kunjungan dari berbagai sekolah vokasi atau SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) pada Jumat, 18 November 2022.

Tercatat sebanyak 6 SMK dengan total sekitar 50 peserta yang berpartisipasi meliputi, SMK Negeri 1 Sawit, SMK Negeri 2 Salatiga, SMK Muhammadiyah Salatiga, SMK Adi Sumarmo Colomadu, SMK Negeri 5 Surakarta, dan SMK Muhammadiyah 2 Jatinom.

Pada kesempatan yang sama Sukardi, guru SMK Negeri 1 Sawit, Boyolali mengatakan, “Fasilitas R&D Corner di Daihatsu Week merupakan sebuah fasilitas edukatif dan sangat menambah wawasan bagi para guru dan murid SMK di Jawa Tengah, sehingga dapat lebih membuka mindset kepada peserta terhadap teknologi yang diterapkan dalam mengembangkan mobil Daihatsu di Indonesia.

“Kami apresiasi kepada Daihatsu yang berkomitmen dalam menyediakan sarana edukatif seperti berbagi informasi seputar pengembangan mobil di R&D Center PT Astra Daihatsu Motor. Program ini juga membantu pihak sekolah (SMK) dalam mencetak lulusan yang lebih berkualitas dan lebih siap ketika terjun di bidang industri otomotif.” pungkas Sukardi. (Kusbiantoro/Aris)

 76 total views

LEAVE A REPLY