Bappeda Depok Gelar Forum Kemitraan dengan Dunia Usaha

0
49


www.depoktren.com–Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappeda) Kota Depok menggelar Forum Kemitraan di Jakarta Global University, Grand Depok City, Selasa (22/11/2022). Kegiatan ini merupakan pertemuan lanjutan antara pemerintah dengan para mitra kerjanya.

Sekretaris Bappeda Kota Depok, Ahmad Ubaidillah menjelaskan, forum kemitraan merupakan tindak lanjut dari kegiatan Gathering Corporate Social Responsibility (CSR) yang telah dilakukan pada Juli lalu.

Pada kesempatan ini, lanjut Ubaidillah, pemerintah menawarkan dua kegiatan pembangunan kepada dunia usaha untuk berkolaborasi dalam membangun Kota Depok. Yaitu, pembangunan Gedung Posyandu dan Septictank.

“Pemkot Depok sedang fokus pada dua kegiatan pembangunan tersebut. Karena itu, kami mengajak dunia usaha untuk membantu pemerintah dengan dana CSR-nya wujudkan kebutuhan masyarakat,” ujar Ubaidillah, Rabu (23/11/2022).

Menurut Ubaidillah, saat ini Kota Depok sudah memiliki payung hukum mengenai CSR yaitu Peraturan Daerah (Perda) Nomor 7 Tahun 2021. Yaitu tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) serta Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).

Kemudian Peraturan Wali Kota Depok Nomor 101 Tahun 2021 tentang Sinergitas Perencanaan Partisipatif Pembangunan (SAPA SABA).

Lebih lanjut, ujar dia, dunia usaha atau perusahaan merupakan aktor yang tergabung dalam tujuh unsur (heptahelix) pembangunan. Proses pembangunan daerah tidak sepenuhnya urusan pemerintah, namun dunia usaha juga didorong untuk berkontribusi di dalamnya.

“Kebutuhan masyarakat setiap tahunnya banyak, namun keterbatasan anggaran di pemerintah,” terangnya.

Ubaidillah menuturkan, pihaknya akan melihat keseriusan dunia usaha merealisasikan tawaran tersebut di tahun depan. Dirinya berharap, dunia usaha menyambut baik rencana kolaborasi tersebut.

“Saya harap ada ketuk tular antar dunia usaha, jadi semakin banyak perusahaan yang berkontribusi untuk pembangunan Kota Depok,” pungkasnya. (Aris)

 55 total views

LEAVE A REPLY