AIKD Beri Pelatihan Sablon Digital ke 50 Pelajar SMK Bina Mandiri

0
391

www.depoktren.com–Asosiasi Industri Kreatif Depok (AIKD) menggandeng PT Rhino Indonesia menggelar pelatihan sablon digital bagi 50 pelajar SMK Bina Mandiri, Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan. Pelatihan ini diadakan mulai 6 hingga 17 Maret 2023, diisi dengan berbagai materi sablon digital.

Ketua AIKD, Markiyat Berlian menjelaskan, pelatihan ini menyasar siswa kelas XI dan XII jurusan Multimedia. Peserta pelatihan dibekali berbagai ilmu tentang sablon digital dengan berbagai media.

“Mereka diajari mulai dari mendesain, mencetak hasilnya di atas wadah yang disediakan, dan langsung mencari orderan (pembeli) melalui sosial media, masyarakat sekitar dan orang terdekat,” ujar Markiyat, Selasa (07/03/2023).

Menurut Markiyat, para peserta mendapatkan banyak keuntungan dari pelatihan ini. Selain teori, juga praktik langsung, uang, hingga sertifikat yang bisa digunakan untuk modal mencari pekerjaan.

“Kami ingin siswa SMK itu punya keahlian atau skill setelah lulus, dengan pelatihan sablon ini mereka bisa membuka usaha atau bekerja di digital printing,” terangnya.

Di tempat yang sama, salah satu peserta pelatihan sablon digital, siswa kelas XII Multimedia SMK Bina Mandiri, Katya menuturkan, pelatihan ini sangat bermanfaat karena menambah pengetahuan dan keterampilan.

Sebelumnya, kata Katya, saat menjalani Program Kerja Lapangan (PKL) juga mendapat ilmu tentang sablon digital. Menurutnya, jika terus ditekuni akan menjadi ladang pemasukan keuangan baginya.

“Saya sudah pernah buat sablon kaos, kemeja, mug, cutting stiker dan inginnya lebih mengembangkan skill lagi,” ucapnya. (Aris/RuzkaNews)

 396 total views

LEAVE A REPLY