Peringati HUT ke 15, DKR Tuntut Pemerintah Bebaskan Biaya Kesehatan dan Pendidikan Rakyat

0
447

www.depoktren.com–Bertempat di Graha Harapan Masyarakat Brataseni, Dewan Kesehatan Rakyat (DKR) Kota Depok, Rayakan Hari Ulang Tahun ke 15 tahun 2023.

Mengangkat tema rakyat berhak mendapatkan jaminan sosial kesehatan dan Pendidikan, HUT DKR dirayakan secara sederhana.

“Sebetulnya apa yang diminta oleh DKR sangatlah konstitusional, Jaminan sosial yang didalamnya adalah kesehatan dan pendidikan, bisa di baca di UUD 1945, pasal 28,” ujar Roy Pangharapan Ketua DKR Kota Depok, Ahad (12/03/2023).

Dalam konteks Kota Depok, DKR sangatlah berharap agar kesehatan dan pendidikan gratis berkualitas bisa segera diwujudkan, jangan lagi ada pungutan apapun. “Gratis ya gratis, tanpa embel-embel apapun,” tegas Roy.

Masih adanya pungutan di Puskesmas menjadi PR (pekerjaaan rumah) besar Pemerintah Kota (Pemkot) Depok karena belum seluruh masyarakat khususnya yang miskin dan tidak mampu mendapatkan memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS). Masih adanya pungutan di puskesmas dan tidak semua obat dijamin oleh KIS.

“Kami menuntut agar stop pungutan di puskesmas dan kembalikan BPJS KESEHATAN ke tangan pemerintah yaitu Kemenkes,” terang Roy.

Sementara itu juga, beban biaya pendidikan yang sangat memberatkan orang tua adalah, piknik, perpisahan, seragam dan lain-lain yang sudah sering diungkapkan oleh DKR. “Sebetulnya ini soal Political Will dari pemerintah kota Depok yang gak ada,” tutur Roy.

HUT DKR diadakan di Graha Harmas BRATASENI Beji, Kota Depok. Ada beberapa acara pada kegiatan tersebut diantaranya, santunan Yatim sebanyak 60 orang, pentas seni dan testimoni.

Tampak beberapa perwakilan dinas dan lembaga hadir juga rekan ormas dan LSM sebagai tamu istimewa DKR.

Terlihat Dr. Yuliandi, M.Kes mewakilli Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Nuriana H. dari RSUD Anugerah Sehat Afiat Depok, Agung Bintoro dari Dandim 0508 Depok dan Ade Suhendri Kepala seksi RSUD KISA kota Depok.

“Ya kami undang para mitra strategis DKR, dalam usahan membantu masyarakat dari unsur Forkopimda, para dinas terkait hingga pimpinan Ormas dan LSM Kota Depok,” pungkas Roy.

Sebelumnya DKR mengadakan kegiatan pada Sabtu (11/03/2023) berupa santunan, jalan santai dan hiburan di halaman kantor DKR, yang berlokasi di Jalan Arif Rahman Hakim, Beji Kota Depok. (Aris/RuzkaNews)

 453 total views

LEAVE A REPLY