PPDB 2024 Jenjang SMA/SMK di Jabar, Ini Syarat Umum dan Khusus

0
416

PPDB 2024 Jenjang SMA/SMK di Jabar, Ini Syarat Umum dan Khusus

www.depoktren.com — Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMA/SMK/SLB di Jawa Barat (Jabar) akan dibuka pendaftaran online pada 3 Juni 2024.

PPDB SMA/SMK tahap pertama dimulai pada 3-7 Juni 2024. Sosialisasi sudah dilakukan sejak kick off pelaksanaan PPDB Jabar 2024 untuk jenjang SMN/SMK/SLB di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (08/05/2024).

Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Disdik Pemprov Jabar) juga telah mengumumkan standar operasional prosedur (SOP) PPDB 2024.

Dalam SOP tersebut tertuang petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis (juklak dan juknis) PPDB SMA/SMK/SLB di seluruh wilayah Jabar.

Terdapat dokumen syarat umum dan syarat khusus dalam SOP untuk para pendaftar PPDB Jabar yakni:

Syarat Dokumen PPDB SMA/SMK/SLB Jabar 2024
1. Syarat Umum

A. Ijazah SMP/sederajat atau surat keterangan yang berpenghargaan sama dengan ijazah SMP/paket B/ijazah satuan pendidikan luar negeri yang dinilai atau dihargai sama/setingkat SMP, atau surat keterangan telah menyelesaikan program pendidikan/kartu peserta ujian sekolah apabila ijazah belum terbit.

B. Akta kelahiran/kartu identitas anak dengan batas usia maksimal 21 tahun per 1 Juli tahun berjalan dan belum menikah.

C. KTP orang tua

D. Calon peserta didik baru penyandang disabilitas dikecualikan dari syarat batas usia dan ijazah atau dokumen lain yang menyebutkan kelulusan, kecuali untuk yang ingin melanjutkan ke SMPLB dan SMALB, menyertakan ijazah SDLB atau SMPLB.

E. Dokumen surat tanggung jawab mutlak atau pakta integritas orang tua yang menyebutkan data asli calon siswa dan bersedia dikenakan sanksi apabila terbukti terdapat pemalsuan, dibubuhi meterai dan ditandatangani oleh orang tua yang formatnya bisa didapat pada situs PPDB Jabar.

2. Syarat Khusus

A. Pendaftar jalur afirmasi keluarga ekonomi tidak mampu (KETM), prioritas terdekat (SMK), dan zonasi (SMA), wajib menyerahkan kartu keluarga yang menyatakan calon peserta didik yang bersangkutan telah berdomisili minimal 1 tahun.

B. Calon siswa baru yang tinggal dengan wali atau tidak dengan orang tua, maka dikenakan ketentuan:

a). Telah berdomisili minimal satu tahun KK satu keluarga (tidak boleh numpang KK), dengan dibuktikan melalui kesesuaian data kota/kabupaten pada KK orang tua/wali dengan sekolah asal saat kelas 9

b). Dibuktikan melalui kesesuaian nama orang tua/wali pada buku rapor atau ijazah

c). Melampirkan surat kematian dari RT/RW tempat orang tua meninggal, apabila orang tuanya telah meninggal dunia, sehingga harus diwakili wali.

d). Melampirkan akta cerai dari instansi berwenang apabila orang tua telah bercerai.

e). Melampirkan surat tidak keberatan dari kepala keluarga yang menerima calon peserta didik bersama keluarganya untuk berdomisili dan tercantum dalam kartu keluarganya. Melampirkan juga surat kuasa pengasuhan dari orang tua

f). Kelima ketentuan di atas hanya ditujukan bagi calon siswa lulusan 2024, tidak untuk lulusan tahun sebelumnya atau siswa lulusan sekolah berasrama.

Demikian dokumen syarat umum dan khusus dalam PPDB SMA/SMK/SLB di Jabar.

Siapkan dokumen-dokumen yang diperlukan dari sekarang sehingga tidak terburu-buru saat melakukan pendaftaran online ataupun offline saat di klarifikasi. (Aris)

 421 total views

LEAVE A REPLY