Musrembang Depok 2021 akan Fokus Pada 11 Pembangunan

0
29

www.depoktren.com–Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappeda) Kota Depok menggelar kegiatan Sosialisasi Pembangunan Tahun 2021 dan pembukaan rangkaian kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota Depok Tahun 2021 secara tatap muka dan virtual di Aula Lantai 10 Gedung Dibaleka 2 Balai Kota Depok, Kamis (7/1/2021).

Acara dibuka oleh Wali Kota Depok Mohammad Idris juga sekaligus mulai mensosialisasikan terkait fokus pembangunan 2021.

“Fokus pembangunan tahun ini adalah peningkatan daya saing yang mengacu pada 11 isu strategis,” ujar Kepala Bappeda Kota Depok, Widyati Riyandani.

Dia menjelaskan ke 11 isu strategis pembangunan itu yakni sarana dan prasarana transportasi, sanitasi yang layak untuk masyarakat, kualitas dan kuantitas air tanah.

Kemudian impelementasi dan pengendalian tata ruang, daya saing dan ketahanan ekonomi. Selanjutnya, mengurangi angka pengangguran, percepatan penurunan stunting, serta meningkatkan peran keluarga dalam pembangunan karakter bangsa.

“Kami juga fokus pada lansia, anak terlantar dan disabilitas, kualitas sumber daya manusia, dan transparansi serta akuntabilitas tata kelola pemerintahan,” jelas Widyati.

Menurut Widyati, karena sedang masa pandemi Covid-19 Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2021 mengalami refocusing. Seluruh kegiatan dialihkan untuk penanganan dampak pandemi Covid-19. “Untuk tahun ini juga tentunya kami juga fokus pada penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi,” terangnya.

Ia menambahkan, sebelum melakukan pembangunan, pihaknya mensosialisasikan terlebih dahulu tentang mekanisme pembangunan yang dilaksanakan 2021 serta persiapan tahapan proses perencanaan untuk pembangunan di 2022. Sosialisasi diberikan kepada seluruh Perangkat Daerah (PD), camat, dan lurah.

“Tujuannya agar semua PD, terutama di wilayah, tahu kegiatan pembangunan apa saja yang ada, baik infrastruktur maupun non infrastruktur,” tegas Widyati. (Papi Ipul)

 29 total views

LEAVE A REPLY