Earth Hour 2017, PLN Depok Ajak Warga Padamkan Lampu

0
787

www.depoktren.com–Dalam rangka memperingati Jam Bumi Sedunia atau Global Earth Hour, PT PLN Area Depok mengajak masyarakat agar ikut berpartisipasi dalam kampanye Global Earth Hour yang dilaksanakan dengan memadamkan lampu dan cabut alat listrik yang tak digunakan pada Sabtu (25/3/2017) malam nanti pukul 20.30 WIB – 21.30 WIB.

“Jika seluruh pelanggan PLN Depok ikut berpartisipasi dalam kampanye tersebut, pasti akan berdampak besar dalam penghematan konsumsi listrik. Earth hour juga merupakan sebuah momentum untuk mengingatkan masyarakat agar lebih hemat menggunakan listrik demi meminimalisir perubahan iklim,” jelas Juru Bicara atau Humas PLN Area Kota Depok, Setyo Budiono dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (25/3/2017).

Demi menyukseskan kampanye peduli bumi ini, PLN Area Depok juga mengimbau lima PLN Rayon di Kota Depok untuk turut berpartisipasi antara lain, PLN Rayon Depok Kota, PLN Rayon Sawangan, PLN Rayon Cibinong, PLN Rayon Cimanggis, dan PLN Rayon Bojong Gede. “PLN Rayon tersebut diimbau agar berpartisipasi mematikan lampu selama satu jam, dari pukul setengah sembilan hingga setengah sepuluh malam,” imbuh Setyo.

PLN, terang Setyo, juga mengajak pelanggan agar hemat dalam penggunaan listrik tidak hanya saat earth hour saja, tetapi juga dalam keseharian. “Dengan berhemat listrik, maka biaya rekening listrik akan turun dan turut partisipasi pula dalam mengurangi dampak pemanasan global.”

Sejumlah contoh berhemat listrik yang dipaparkan oleh pihak PLN. Pertama, mengurangi penggunaan Air Conditioner (AC) dengan menggunakan AC yang dilengkapi timer sehingga bisa mengatur waktu penggunakan. Kedua, menggunakan lampu dan alat elektronik yang hemat energi. Ketiga, mematikan lampu dan alat elektronik yang tidak terpakai. Keempat, penggunaan pompa air yang lebih hemat energi, misal menggunakan pompa air disertai bak penampung supaya pompa air tidak sering mati/nyala yang menyebabkan boros energi listrik.

Ia berharap kegiatan Earth Hour beserta partisipasi dari masyarakat bisa berdampak cukup signifikan terhadap beban listrik di Kota Depok terutama saat jam pelaksanaan tersebut, yakni 20.30 WIB – 21.30 WIB. (Siska)

 844 total views

LEAVE A REPLY