Memupuk Karakter Siswa, SMAN 11 Depok Gelar Basastrain 2022

0
87
Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 11 Kota Depok, Jawa Barat menggelar kegiatan Bulan Bahasa.


DEPO
K – Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 11 Kota Depok, Jawa Barat menggelar kegiatan Bulan Bahasa. Acara dilakukan di pekarangan halaman sekolah di Jalan Kemang II No.11A Kelurahan Sukmajaya, Depok, Jumat (11/11/2022).

Kegiatan Basastrain 2022 ini bertujuan untuk meningkatkan kecintaan siswa terhadap bahasa Indonesia. Kecintaan ini diwujudkan dengan berbagai macam pertunjukan.

“Kami berharap kegiatan ini akan dapat memupuk karakter siswa/siswi yang beriman dan bertakqa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, mandiri, gotong royong dan berkebinnekaan global, bernalar kritis dan kreatif,” kata Kepala Sekola SMAN 11 Prapanca Adi.

Ketua Panitia Pelaksana Basastrain 2022 Rini Handayani mengatakan berbagai perlombaan digelar dalam Bulan Bahasa sebagai bentuk kecintaan terhadap bahasa Indonesia yang terkait dengan materi pembelajaran di sekolah.

“Untuk kelas 10 dilombakan pagelaran musikalisasi puisi, kelas 11 pagelaran drama, kelas 12 lomba produk jurnalisme salah satunya adalah teks editorial. Dimana kegiatan tersebut diupload ke YouTube,” kata Rini Handayani yang juga guru Bahasa Indonesia.

Lebih lanjut dikatakan untuk produk jurnalistik penilaiannya adalah banyaknya tanda like. Kemudian penilaian dari guru dan tanda cinta. Jadi setiap siswa diberi 5 buah ikon hati yang berbentuk sticker dan mereka bisa menempelkan di kelas manapun yang mereka suka.

“Acara ini juga memberikan penguatan karakter kewirausahaan. Setiap kelas diminta membuat bazar, karena kita belum punya kantin, meskipun ada cuma 1 dikelola oleh penjaga sekolah. Kalau semua siswa masuk mereka akan kesulitan. Solusinya setiap kelas membuka stand bazar. Ini juga untuk kemandirian siswa agar bisa belajar bagaimana situasi ekonomi dan keuntungannya akan dimanfaatkan untuk kelas mereka,” ungkapnya.

Dari acara ini, Rini mengharapkan bisa menumbuhkan karakter siswa yang kreatif, inovatif dan kerjasama antarsiswa dengan kesempatan yang diberikan sekolah. * suryansyah

 92 total views

LEAVE A REPLY